Beranda | Artikel
Tafsir Surat Al-Balad Ayat 10 - Tafsir Al-Quran (Ustadz Abdullah Zaen, M.A.)
Rabu, 11 Oktober 2017

Bersama Pemateri :
Ustadz Abdullah Zaen

Kajian Kitab Tafsir Al-Quran oleh: Ustadz Abdullah Zaen, M.A.

Pada kajian tafsir kali ini Ustadz Abdullah Zaen akan membawakan pembahasan tentang “Tafsir Surat Al-Balad Ayat 10“. Kajian ini beliau sampaikan pada Rabu malam, 21 Muharram 1439 H/ 11 Oktober 2017 M di Masjid Agung Darusalam, Purbalingga.

Download juga kajian sebelumnya: Tafsir Surat Al-Balad Ayat 9 – Tafsir Al-Quran

وَهَدَيْنَاهُ النَّجْدَيْنِ ﴿١٠﴾

“Dan Kami telah menunjukkan kepadanya dua jalan”(Al-Balad[90]: 10)

 

نَّجْدَيْنِ” menurut bahasa diartikan sebagai dua hal yang tinggi dan menanjak. Para ulama tafsir berbeda pendapat tentang hal tersebut. Penafsiran yang pertama mengatakan bahwa dua hal yang menanjak tersebut adalah payudara. Terlepas apakah pendapat ini kuat atau lemah, akan tetapi jika direnungkan, pendapat ini akan memberikan pelajaran yang berharga bagi seorang muslim. Pendapat ini mengingatkan sesuatu yang sepertinya biasa, ternyata luar biasa. Sadarkah bahwa manusia membutuhkan makanan mulai sejak di dalam kandungan sampai mati. Ketika seorang bayi dilahirkan, dia butuh asupan gizi. Padahal seorang bayi belum pernah menggunakan mulutnya. Tetapi ketika seorang bayi lahir dan mulutnya didekatkan dengan payudara ibunya, seketika itu dia tahu bagaimana cara menggunakan mulutnya. Artinya ketika bayi tersebut lahir, Allah Subhana wa Ta’ala sudah memberikan ilmu bagaiamana cara menghisap ASI.

Penafsiran yang kedua adalah dua jalan. Jalan kebaikan dan jalan keburukan. Allah Subhana wa Ta’ala memberikan petunjuk kepada manusia mana jalan yang harus ditempuh dan jalan yang tidak boleh ditempuh. Mayoritas ulama mengambil pendapat ini.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Simak dan Download mp3 kajian Tafsir Al-Quran: Tafsir Surat Al-Balad Ayat 10


Mari turut membagikan link download kajian ini ke Facebook, Twitter, dan Google+. Semoga bisa menjadi pembuka pintu kebaikan bagi yang lainnya.

 


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/28790-tafsir-surat-al-balad-ayat-10-tafsir-al-quran-ustadz-abdullah-zaen-m/